pilih bahasa kamu

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : agus

  • Web
  • jalan jalan bareng agus
  • Kamis, 24 Januari 2008

    minuman apaan tu...!!

    Sumpah, pertama kali aku denger namanya gak aneh aja, walaupun aku anak jogja tapi nie minuman sangat asing ditelinga.Minuman dari Imogiri ini namanya " wedang uwuh ", kalo di bahasakan Indonesia jadi " minuman sampah ".Namun minuman dengan nama eksotik ini, kini menjadi salah satu minuman favoritku.Kalo ke Imogiri belum minum nie makhluk belum mantap rasanya.

    Setelah selesai makan bareng Dina ( baca : bubur langka ), kita coba menyegarkan badan dan pikiran menggunakan wedang uwuh tadi.Sekilas bentuknya gak karu karuan, dan benar benar tidak tega untuk di minum.Kalo dilihat kasat mata tu, segelas air panas yang isinya daun, serut kayu, ada jahe yang utuh, dan segumpalan batu berwarna kuning ( yang sekarang dikenal dengan gula batu ).Bentuknya bener bener seperti bantar gebang yang dimasukin ke dalam gelas....aneh banget....Namun begitu kita coba, satu seruputan aja, rasa hangatnya meresap ampe sum sum.Wuih bener bener deh nie minuman, keren abis.Rasa hangat itu selain didapat dari airnya yang panas.Juga dari jahe yang udah dibakar lalu dikeprek dan dimasukin utuh dalam gelas.Rasa khas juga keluar dari nikmatnya kayu secang yang diserut lalu dicampurin, wuih alami banget.Ada jyga beberapa daun seperti daun cengkeh ato daun pala, pokoknya menambah keeksotikan rasanya.Belum lagi manis dari gula batunya.Dan semua ramuan itu dicampur, jadilah minuman yang ancur ancuran namun dasyat rasanya.

    "eh din nie minuman asal mulanya gimana ya", aku iseng tanya ma dina yang asik nikmati minumannya.
    "gak tau, mangnya kenapa", dia jawab dengan dingin
    "mungkin jaman dulu ada tabib istana yang lupa numbuk ramuan jamu, lalu di hidangin begitu aja.Kali ya", aku coba maksain otakku, berharap dapet jawaban yang lebih logis.Soalnya Dina tu orangnya cerdas banget, kemarin aja smanya cum laude boo.
    "ato dulu, waktu jaman mataram.....", wuih jawabannya cerdas banget.
    "waktu jamannya mataram, ada truk sampah yang baknya rusak, lalu numpahin gentong milik raja.Dan ternyata raja gak tau dan dia minum aja dari gentong.", gubrak, aku bengong dengerin jawaban dina.Ternyata orang cerdas itu juga bisa lebih bego dari orang bego.

    Tapi lama lama aku mikir juga, apa bener kata dina ya.Ada truk sampah yang tumpah ke gentong lalu jadi segelas minuman.Bukanya dulu es krim juga tercipta karena kesalahan.Coba kita analisis dulu mungkin kah

    sampah ditambah gentong purba sama dengan wedang uwuh

    tapi masuk akal juga, tapi whatever lah, yang penting minuman ini akan selalu ada dan selalu lestari di kota jogja.Jangan sampai entar jadi wedang uwuh kola ato wedang uwuh sus tiram, untuk semuanya don't miss it.Untuk mendapatkannnya murah banget kok cuman 2000 aja ato kalo mau beli bahan bahannya aja cuman 1250, hidup sehat dengan makanan yang eksotis.

    Setelah selesai membayar, kita beranjak untuk pulang keerumah.Rencananya nanti siang mau nonton ke 21 terus malemnya coba sego penyetan di Imogiri.Wah pokoknya hari ini jalan jalan terus.Terima kasih kepada Dina yang selalu nemenin aku.Sampai ke motor, kukeluarkan karcis parkir namun ada malapetaka terjadi.

    "waduh din, uangku seratus ribuan, gak ada uang kecil", kataku dengan panik.
    "serius lu, aku juga seratus ribuan, gimana dong", dia juga agak panik.
    "tenang aku beli aqua dulu aja ya", ide cemerlangku selalu muncul pada saat yang tepat.
    "ya beli dua ya, yang 2000 an sekalian",

    Aku bergegas ke tempat kios jualan aqua, gak jauh dari tempat parkir.Kios ini sebelahnya juga menjual jajanan khas dari Imogiri dan memamng hampir semua kios, jajanannya sama.

    "bu, ini harganya berapa", sambil nunjuk aqua disebelahku.
    "ooo, itu 2000 mas", jawabnya
    "beli dua ya bu", sambil nyerahin uang sratusribuan tadi.
    "wah mas pake uang pas aja, ada gak", kata ibu tadi sambil melihat tas kecilnya yang berisi uang.
    "gak ada bu", jawabku dengan memelas serta pasrah.
    "gini aja mas, aquanya diambil dulu.Bayarnya besok besok aja", jawabnya dengan ramah.
    "hah bayarnya besok", pikirku.Busyet ibu ini baik banget, tapi wajar sie hampir semua orang jogja asli, biasanya mengandalkan rasa percaya pada sesama manusia.Aku kembali berpikir, alangkah senangnya kalo ibu ini jualan di toko mobil."Bu, saya mau beli honda jazz tapi uang saya sepuluh milyar", terus dia jawab "wah gak ada kembaliannya mas, mobilnya diambil aja, MOBILNYA DIAMBIL AJA", alangkah sedap hidup ini.
    "ya udah bu, gak jadi aja", aku cepat cepat mencari kios lainnya.

    Beberapa saat kemudian akhirnya aku menemukan kios, dan berhasil mendapatkan dua botol air mineral nestle.Kuhampiri Dina dan kubayarkan ongkos parkir.Sepanjang jalan aku hanya senyum senyum sendiri.Melupakan kepenatan dalam otak, serta melupakan misi penghilanga imogiri dari peta dunia.




    Tidak ada komentar: